Jadilah Orang Hidup Yang Hidup Bukan Orang Hidup Yang Mati. Jadilah Pula Orang Mati Yang Hidup Bukan Orang Mati Yang Mati.

edukonten. Diberdayakan oleh Blogger.

2011/08/27

Pengertian Manajemen Pendidikan (ontology)

Menurut Suryosubroto (2004:27) terdapat beberapa uraian yang akan lebih memperjelas maksud dari manajemen pendidikan, sebelum kita mengerucut pada definisi manajemen pendidikan. Uraian-uraian tersebut adalah:
1. Manajemen pendidikan merupakan bentuk kerjasama personel pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan umum yang akan dicapai dalam kerjasama itu adalah pembentukan kepribadian murid sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dan tingkat perkembangannya pada usia pendidikan.
2. Manajemen pendidikan merupakan suatu proses yang merupakan daur (siklus) penyelenggara pendidikan dimulai dari perencanaan, diikuti oleh pengorganisasian, pengarahan, pelaksanaan, pemantauan, dan penilaian tentang usaha sekolah untuk mencapai tujuannya.
3. Manajemen pendidikan merupakan usaha untuk melakukan pengelolaan sistem pendidikan.
4. Manajemen pendidikan merupakan kegiatan memimpin, mengambil keputusan serta berkomunikasi dalam organisasi sekolah sebagai usaha untuk mencapai tujuan pendidikan.
Berdasarkan uraian-uraian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan manajemen pendidikan adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan semua sumber personil dan materil dalam dunia pendidikan guna tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
Adapun yang menjadi ruang lingkup dari manajemen pendidikan sebagaimana yang dikemukakan oleh Direktorat Pendidikan Menengah Umum Depdiknas (1999) dalam buku Panduan Manajemen Sekolah, yang didalamnya mengetengahkan bidang-bidang kegiatan manajemen pendidikan, adalah meliputi:
1. Manajemen kurikulum
2. Manajemen personalia
3. Manajemen kesiswaan
4. Manajemen keuangan
5. Manajemen perawatan preventif sarana dan prasarana sekolah

0 komentar:

Posting Komentar