Jadilah Orang Hidup Yang Hidup Bukan Orang Hidup Yang Mati. Jadilah Pula Orang Mati Yang Hidup Bukan Orang Mati Yang Mati.

edukonten. Diberdayakan oleh Blogger.

2010/10/23

Sekolah Unggul

Sekolah unggul adalah sekolah efektif. Demikian dikemukakan oleh DR. Fasli Djalal, Ph.D dalam pemaparannya tentang sekolah unggul. Beliau menyampaikan bahwa terdapat 11 karakter sekolah yang efektif. Diantaranya adalah, kepemimpinan yang profesional; visi dan tujuan bersama; lingkunngan belajar; konsentrasi pada belajar mengajar; harapan yang tiggi; penguatan, pengayaan, pemantapan yang positif; pemantauan kemajuan; hak dan tanggungjawab peserta didik; pengajaran yang penuh makna; organisasi pembelajar; kemitraan keluarga dengan sekolah. Apa yang disampaikan oleh dr. Fasli Djalal, Ph.D ini telah ditulis oleh Harris and Bennet dalam bukunya “Schooll Effetiveness Research: Meta Analisis”Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional mengamanatkan pengelolaan pendidikan dilaksanakan secara terdesentralisasi. Globalisasi menuntut penyelengaraan pendidikan yang demokratis dan akuntabel untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional sehingga dapat bersaing dengan pendidikan Negara-negara maju. Salah satu peran aktif dari lembaga pendidikan non formal sangat diperlukan dalam mewujudkan peningkatkan kualitas pendidikan.
Upaya peningkatan kualitas pendidikan dan membentuk sekolah unggul tidak terlepas dari peran berbagai pihak sebagai stakeholder dunia pendidikan. Pemerintah, tenaga pendidik dan kependidikan serta masyarakat harus mampu secara bersama-sama merumuskan strategi untuk kemajuan dunia pendidikan. Pemerintah sebagai pemangku kebijakan dituntut untuk mampu merumuskan kebijakan-kebijakan yang pro terhadap kemajuan kualitas pendidikan yang pada gilirannya akan mampu diterjemahkan dengan baik oleh para pendidik dan tenaga pendidikan dengan penuh komitmen dan profesionalitas. Demikian pula dengan masyarakat. Kelompok eksternal dalam struktur pendidikan ini harus mampu memberikan perlindungan dan rasa aman terhadap pelaksanaan pendidikan. Tidak hanya itu, masyarakat juga dituntut untuk bisa menjadi mitra yang baik bagi dunia pendidikan. Jika semua itu bisa dilakukan, maka pendidikan yang berkualitas pun tidak lagi hanya mimpi belaka. Secepatnya, kita akan benar-benar merasakan kualitas pendidikan yang semakin baik.
Ingin lihat bagaimana paparan DR. Fasli Djalal, Ph.D tentang sekolah unggul? silahkan download paparannya di link yang sudah disediakan di samping.

0 komentar:

Posting Komentar