Jadilah Orang Hidup Yang Hidup Bukan Orang Hidup Yang Mati. Jadilah Pula Orang Mati Yang Hidup Bukan Orang Mati Yang Mati.

edukonten. Diberdayakan oleh Blogger.

2019/09/01

Hari Terakhir Guru Menulis

Minggu, 1/9 adalah hari kedua dilaksanakannya Workshop Guru Menulis di SMK Krian 1 Sidoarjo. Kali ini narasumber yang hadir adalah Firma Zuhdi Al Fauzi wartawan Jawa Pos. Berkemeja putih dengan setelan celana Jeans dilengkapi sneakers berwarna merah maroon, ia lugas menyampaikan materi mengenai bagaimana cara menulis berita. Fauzi, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa jenis-jenis berita terdiri dari:
1.    Straight News (berita langsung)
2.    Opinion News (Berita Opini)
3.    Interpretative News (Berita Interpretatif)
4.    Explanatory News (Berita Penjelasan)
5.    Depth News/Indepth News
6.    Investigative News (Berita Investigasi)
7.    Comprehensive News (Berita Komprehensif)
Kemudian ia melanjutkan penjelasannya bahwa salah satu cara dalam menulis berita adalah harus melakukan persiapan wawancara. Tahapan persiapan wawancara ini antara lain:
1.    Menentukan topik atau masalah
2.    Memahami masalah yang ditanyakan
3.    Menyiapkan pertanyaan
4.    Menentukan narasumber
5.    Membuat janji
Dua puluh lima orang guru yang kompak mengenakan kaos berwarna merah penuh semangat mendengarkan setiap paparan Laki-laki lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya Malang ini. Seluruh peserta bersiap dengan laptop nya masing-masing. Mereka antusias mengerjakan apa yang ditugaskan oleh Fauzi. Kegiatan yang dimulai sekira pukul 08.40 di ruangan Laboratorim Axioo 3 SMK Krian 1 Sidoarjo ini akhirnya diakhiri pada pukul 10.30 oleh Fauzi.

0 komentar:

Posting Komentar