Jadilah Orang Hidup Yang Hidup Bukan Orang Hidup Yang Mati. Jadilah Pula Orang Mati Yang Hidup Bukan Orang Mati Yang Mati.

edukonten. Diberdayakan oleh Blogger.

2017/05/23

"Kartu Sakti Ancol", Tiket Belajar Sepuasnya di Luar Kelas!

(KOMPAS.com) – Hasil pembelajaran untuk anak didik Indonesia masih belum juga memuaskan. Terakhir kali, dua tahun lalu, peringkat Indonesia dalam penguasaan remaja yang berusia 15 tahun terhadap keupayaan Sains, membaca, dan Matematika (PISA) masih bertengger di lapisan bawah...

2017/05/22

Binus Raih "Best Companies to Work for in Asia"

Universitas Bina Nusantara (Binus University) dinobatkan sebagai salah satu 'Best Companies to Work for in Asia 2017' pada HR Asia Award tahun ini. Penghargaan diterima langsung oleh CEO Binus, Bernard Gunawan, Jumat (19/5/2017). Sumber: Kompas.com

Pelajari Islam dan Pesantren, Mahasiswa New York Nyantri di Tebuireng

The King's College (TKC), New York, Amerika Serikat, mengirim empat mahasiswanya ke Pesantren Tebuireng Jombang untuk mempelajari sistem pendidikan Islam dan pesantren di Indonesia. Program ini merupakan realisasi komitmen kerjasama yang pernah direncanakan sejak tahun lalu. sumber:beritajatim.com

2015/05/15

Model Pembelajaran Kolaborasi

Pembelajaran kolaboratif (Colaborative Learning) merupakan model pembelajaran yang menerapkan paradigma baru dalam teori-teori belajar (Yufiarti:2003) (dalam Sulhan, 2006:69). Pendekatan ini dapat digambarkan sebagai suatu model pembelajaran dengan menumbuhkan para siswa untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil untuk mencapai tujuan yang sama.Pendekatan kolaboratif bertujuan agar siswa dapat membangun pengetahuannya melalui dialog, saling membagi informasi sesama siswa dan guru sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan mental pada tingkat tinggi. Model ini digunakan pada setiap mata pelajaran terutama yang mungkin berkembangkan sharing of information di antara siswa. Belajar kolaboratif digambarkan sebagai suatu model Pembelajaran yang mana para siswa bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil untuk mencapai tujuan yang sama. Hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan belajar kolaboratif, para siswa bekerja sama menyelesaikan masalah yang sama, dan bukan secara individual menyelesaikan bagian-bagian yang terpisah dari masalah tersebut. Dengan demikian, selama berkolaborasi para siswa bekerja sama membangun pemahaman dan konsep yang sama menyelesaikan setiap bagian dari masalah atau tugas tersebut.