Jadilah Orang Hidup Yang Hidup Bukan Orang Hidup Yang Mati. Jadilah Pula Orang Mati Yang Hidup Bukan Orang Mati Yang Mati.

edukonten. Diberdayakan oleh Blogger.

2011/05/15

Sosiologi dan Pendidikan

Jika dipandang kaitannya dengan landasan pembelajaran, sosiologi merupakan bidang ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok dan struktur sosialnya. Pengertian ini menunjukkan bahwa sosiologi adalah bidang ilmu yang melandasi hubungan antar manusia khususnya dalam konteks pembelajaran. Hubungan sosial dimulai dari individu kemudian interaksi antara individu. Hubungan sosial akan terus berkembang karena adanya dorongan rasa ingin tahu tentang dunia yang ada di sekitar. Secara alamiah, setiap individu memiliki rasa ingin tahu tentang bagaimana hubungan sosial yang baik. Asrori (2007: 105) menjelaskan bahwa dalam perkembangannya, setiap individu ingin tahu bagaimana cara melakukan hubungan sosial secara baik dan aman dengan dunia sekitarnya, baik yang bersifat fisik maupun sosial.Ada beberapa ciri yang nampak dalam kaitannya dengan sosiologi, beberapa ciri tersebut antara lain adalah ciri Empiris yang merupakan ciri utama dari sosiologi. Empiris mengandung pengertian bahwa sosiologi sebagai ilmu bersumber dan diciptakan dari kenyataan yang terjadi di lapangan. Ciri berikutnya adalah ciri Teoretis yaitu peningkatan fase penciptaan yang menjadi salah satu bentuk budaya yang bisa disimpan dalam waktu lama dan dapat diwariskan kepada generasi muda. Ciri selanjutnya adalah ciri Komulatif. Ciri komulatif terbentuk sebagai akibat dari penciptaan terus menerus sebagai konsekuensi dari terjadinya perubahan di masyarakat, dan yang membuat teori-teori tersebut berkomulasi mengarah pada teori yang lebih baik. Dari bebarapa teori yang ada sebelumnya, teori Nonetis merupakan teori berikutnya yang menceritakan apa adanya tentang masyarakat dan individu-individu di dalamnya, tidak menilai apakah hl itu baik atau buruk.
Bagian lain dari sosiologi yang merupakan bentuk perkembangan dan kebutuhan masyarakat adala sosiologi pendidikan. Sosiologi dan pendidikan atau sosiologi pendidikan tentunya membahas sosiologi yang terdapat pada pendidikan. Beberapa unsur yang menyebabkan sosiologi dan sosiologi pendidikan berkaitan erat adalah di dalam sosiologi pendidikan terjadi interaksi antara guru dan siswa, adanya dinamika kelompok di kelas dan di organisasi intra sekolah, terbentuknya struktur dan fungsi sistem pendidikan, serta adanya sistem-sistem masyarakat dan pengaruh terhadap pendidikan.

0 komentar:

Posting Komentar