Jadilah Orang Hidup Yang Hidup Bukan Orang Hidup Yang Mati. Jadilah Pula Orang Mati Yang Hidup Bukan Orang Mati Yang Mati.

edukonten. Diberdayakan oleh Blogger.

2011/07/26

Teknologi Untuk Efektifitas Pendidikan

Usaha mengembangkan kualitas sumber daya manusia menjadi semakin penting bagi setiap bangsa dalam menghadapi era persaingan global. Pendidikan memiliki arti penting yang sulit dipisahkan dalam kehidupan manusia. Pada hakikatnya pendidikan bersifat mutlak dan berlangsung seumur hidup. Untuk mendapatkan hasil pendidikan yang mampu mencetak tenaga profesional yang berkualitas serta memiliki kepekaan terhadap lingkungan, mampu berfikir nalar, logis dan sistematis, pelaksanaan pendidikan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.Salah satu wujud pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran sebagai upaya mewujudkan efektivitas pendidikan adalah media pembelajaran. Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life. Artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e, seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
Dalam praktiknya, ada berbagai produk teknologi yang dapat bahkan telah dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar. Berbagai produk ini terbukti mampu menjadi formula untuk mentransformasikan ilmu pengetahuan kepada para peserta didik dengan baik. Produk teknologi yang sering dimanfaatkan dalam proses pembelajaran antara lain internet, komputer, televisi, radio, LCD, Tape Recorder, dll.
Pengelolaan atau manajemen pendidikan yang baik merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan yang efektif. Manajemen pendidikan itu sendiri merupakan pelibatan dari berbagai unsur yang terkait dalam pengelolaan pendidikan, antara lain: pemerintah, sekolah, guru, siswa, orang tua, komite sekolah, masyarakat, industri, dll. Untuk mewujudkan manajemen pendidikan yang baik sehingga dapat mewujudkan pendidikan yang efektif, peranan teknologi informasi sangat dibutuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar